Cara Jitu Menulis Cerpen (2)

Menulis Kilat Dengan Metode Merekam.
Banyak penulis (termasuk saya) awalnya merupakan seorang yang sangat merasa kesulitan menulis artikel apalagi yang temanya sudah di atur-atur. Pernah suatu kali ada kompetisi menulis artikel di media massa yang melibatkan ribuan mahasiswa. Artikel itu hanya akan memuat dua artikel setiap hari dengan tema yang sebelumnya sudah ditentukan, waktu itu temanya pendidikan. Dua kali saya kirim artikel itu tidak dimuat alias di tolak. Segera saya temukan kelemahan saya, ternyata saya tidak memiliki argument yang lebih baik untuk mendukung naskah artikel tersebut.
Kemudian saya mencari akal, saya menemui seorang senior yang paling jago dalam hal diskusi dan saya mengajaknya berbincang-bincang tentang pendidikan. Harus saya akui ia amat menarik bicaranya dan kosakatanya luas. Sejam kemudian saya membaca ulang catatan kecil hasil diskusi sambil mengingat perkataannya yang masih terekam dalam ingatan saya. Sebentar kemudian jadilah dua artikel. Kemudian saya kirim dua-duanya, satu pake nama teman. Dua-duanya dimuat. Dari itulah saya menemukan satu metode bagus untuk belajar menulis.

“Bertahun-tahun saya belajar menulis tapi nggak bisa-bisa. Emang gimana sih caranya menulis itu?” tanya seseorang pada saya sesaat setelah mengisi sebuah diskusi tentang menulis. Saya jelaskan banyak hal dan dia terlihat tidak percaya dan berkata bahwa menulis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berbakat saja. Di ujung kalimatnya ia menyindir bahwa saya tak jauh beda dengan gurunya di kelas yang hanya bisa teori dan teori.
“Kamu serius ingin menjadi penulis?” tantang saya dengan sedikit kalap.
“Iya,” sambutnya ketus sekali, “tapi, sekarang kayaknya udah putus asa.”
“Boleh tau apa yang ingin kamu tulis?”
“Cerpen. Saya punya satu kisah yang menurut saya paling menarik. Saya ingin membagi cerita ini pada orang lain.”
Dari cara ngomongmu, kamu punya bakat besar menjadi penulis, bego!, “Tentang apa?”
“Kisah cinta.” Jawabnya. Dasar AbG!
Saya ajak dia ke sudut, “Boleh saya mendengar sedikit ceritamu?” Jangan tanya kenapa!

Dia lalu bercerita dengan singkat tentang kisahnya dan memang seru. Setelah itu saya memberitahukannya bahwa saya merekam semua ceritanya dengan ponsel dan saya meminta waktu sebentar untuk menuliskannya ke dalam kertas.

Setelah itu saya edit, ditambah dan dikurangi serta didramatisir sehingga jadilah sebuah cerpen yang menarik. Metode ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menulis cerpen. Jangan dulu berpikir bahwa cerpen kita tidak bagus atau tidak menarik. Semua kisah masing-masing memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda. Jadi, kalau ada orang yang mengeluh susahnya menulis padahal ia bisa mengarang cerita, maka latihlah dengan metode ini. Nanti kalau sudah terbiasa, anda cukup mendengarkan temanmu bercerita dan anda akan segera bisa menyulapnya menjadi cerpen atau artikel. Kalau masih belum puas hasilnya, diskusikan dengan orang yang udah lebih dulu pandai mengarang. Yang pasti jangan berhenti mencoba, kan sayang kalo kisah indahmu tidak pernah ditulis sama sekali.

Teori Dalam Pelajaran Bahasa Tetap Penting.
Bagaimanapun juga pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dan kampus tetap penting untuk membantu kita menjadi penulis. Dalam menulis biasakanlah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama untuk penulisan artikel. Waktu menjadi juri lomba cerpen pelajar, banyak sekali saya temui naskah cerpen yang salah menempatkan tanda (titik, koma, tanda petik dst). Ada juga cerpen yang menggunakan bahasa singkatan yang tidak dimengerti. Minatilah pelajaran bahasa sehingga anda benar-benar menguasainya.

Segera Catat Inspirasi Yang terlintas.
Seringkali ide dan inspirasi itu datang pada waktu yang tidak terduga dan kalau kita tidak mencatatnya bisa jadi kita akan lupa dan hal itu belum tentu akan datang lagi. Saya menyarankan biasakan membawa buku kecil ke manapun anda pergi. Atau bisa juga ide yang datang tiba-tiba itu dicatat melalui ponsel dan direkap ulang di dalam buku pada saat anda sempat.

Pastikan pada saat yang tepat anda akan menulis ide itu ke dalam bentuk tulisan yang utuh. Usahakan juga, kalau anda mendengar sesuatu (kosa kata menarik, tema, judul, kalimat indah, kata mutiara dll) dari orang lain, segera catat sebab itu akan membantu perbendaharaan kata anda di dalam menulis. Saya sendiri mendapatkan banyak manfaat dari cara seperti itu. Usahakanlah punya satu buku khusus untuk mencatat hal-hal singkat yang mengingatkan anda pada tema tulisaan (kamus pribadi), misalnya ide tulisan yang hendak dijadikan cerpen, inspirasi yang kemarin malam muncul sebelum tidur, daftar novel yang ingin ditulis, daftar nama tokoh dalam cerpen yang menarik, cuplikan deskripsi dalam sebuah novel yang ingin anda baca berulang-ulang saking bagusnya, dan seterusnya.
Pelajari Karakter Teman Di Sekitarmu

Ada banyak karakter manusia yang diulas dalam satu cerita. Kita tahu bahwa manusia memiliki karakter yang berbeda. Hal ini memberi kita pelajaran penting dalam menulis. Menulis cerpen akan lebih mudah (terutama dalam mendiskripsikan tokoh dan membuat adegan dialog) jika kita menjadikan orang yang kita kenal sebagai referensi. Misalnya begini, dalam cerpen kita ada tokoh antagonis yang cerewet, pemuja penampiran dan suka anill. Carilah diantara teman di pergaulanmu yang iker iki sikap demikian dan perhatikan bagaimana gaya bicarannya, pilihan kalimatnya dan intonasinya. Contoh lain, dalam cerpen ada tokoh baik, penyabar dan jujur. Perhatikan di sekeliling adakah temanmu yang memiliki sifat demikian? Jika ada perhatikan cara bicaranya, sikapnya, kesukaannya.

Sehingga ketika ingin menggambarkan kepada pembaca bagaimana sih sosok tokoh baik itu, maka anda akan dimudahkan oleh teman yang baik tadi sebagai referensi. Hal ini akan membantu untuk mendiskripsikan karakter orang. Sebab, dalam sebuah cerita, pasti akan mengulas sifat. Ada yang baik, jahat, nakal, penyabar, curang, gagah, centil, penggoda, penggombal, pembohong dan seterusnya. Karakter seperti itu ada di sekeliling kita. Tinggal comot saja mereka sebagai tokoh dalam cerita.

Buatlah Kerangka Cerita
Dalam pelajaran bahasa sering kita dianjurkan untuk membuat kerangka karangan. Hanya saja metodenya cukup formal dan sulit dijadikan acuan dalam mengarang. Menurut saya, bikinlah kerangka cerita itu sesuai dengan kebiasaan dan gaya anda sendiri misalnya, ingin menulis sebuah cerpen tentang persahabatan dengan seseorang. Anda harus mencatat dulu apa aja sih yang ingin anda ceritakan? Kisah persahabatan itu dengan siapa? Sisi menarik apa dalam kisah itu? Apa saja kesan anda terhadap dia? Kenyataan persahabatan apa yang terjadi dengannya? Bagaimana akhir dari kisah itu dan apa harapan anda dalam persahabatan dengannya.

Contoh kerangka sederhana untuk membuat cerpen, katakanlah temanya ‘berpisah’ dengan seorang sahabat:
Kisah persahabatan dengan si A
Awalnya bertemu dalam sebuah acara
Pernah bertengkar hebat karena beda pendapat
Dia sebenarnya sahabat yang penuh pengertian
Dia jadi teman special.
Akhirnya berpisah untuk selamanya karena satu sebab.
Kemungkinan judulnya: Selamat Jalan Sahabatku atau Rinduku Tak Pernah Berakhir atau sepucuk surat untuk sahabat atau Entah Kapan Engkau Kembali dan seterusnya. Biasakan membuat beberapa alternatif judul untuk cerpenmu. Semakin menarik judulnya, semakin memancing orang untuk membaca ceritamu. Judul ibarat wajah, kalo cakep orang mudah jatuh hati.

Dari kerangka sederhana dan acak di atas tinggal anda susun dalam bentuk cerita. Untuk tahap permulaan, tuliskan saja cerita tersebut berdasarkan ingatan yang ada dalam pikiran dan mengacu pada kerangka karangan. Nanti setelah selesai baru di edit lagi agar lebih menarik.

Latihan Menulis Dialog
Cerita pendek seringkali dibuka dengan narasi atau deskripsi tempat atau orang. Dalam latihan menulis kita harus membiasakan diri diselingi dengan dialog antar tokoh. Kalimat dialog itu juga harus disesuaikan dengan karakter usia dan topik pembicaraan si tokoh. Kalo tokohnya seorang guru fisika yang sedang ngajar nggak mungkin pake bahasa gaul ala sinetron yang serba abu-abu, kalau tokohnya seorang galak kemungkinan bahasanya ketus dan kasar. Selain itu perhatikan juga variasi keterangan dialog, misalnya:

“Aku sayang sama kamu.” Bisik cowok itu yang membuat jantung Diva seakan berhenti berdetak.
Anda bisa merubahnya menjadi:
“Aku,” Cowok itu berbisik pelan di dekat telinga Diva, “sayang sama kamu.”
Bisa juga diubah menjadi:
Cowok itu merangkul Diva dan berbisik pelan di antara gemerisik flamboyan yang diterpa angin malam, “Aku sayang sama kamu.”
Itu adalah contoh variasi dialog. Masih ada lagi jenis keterangan dialog yang perlu diperhatikan yang harus disesuaikan dengan adegan, misalnya:
“Jangan tinggalkan aku.” Pinta Ratu lirih. Atau bisa juga dengan: Ratu memohon pada cowok itu agar tidak meninggalkannya sendirian.
“Jangan coba-coba dekati aku lagi!” hardik Diva dengan muka merah padam. Atau bisa juga dengan: Dengan muka yang merah padam Diva menghardik cowok itu agar tidak berusaha lagi mendekatinya.
“Aku berharap kita akan selalu bersama selamanya.” Ucap perempuan itu. Atau juga bisa, “Aku berharap kita akan selalu bersama, selamanya.” Desis perempuan itu memecah keheningan malam.
Ada juga variasi seperti ini: “Kalau saja aku mau jujur, “ kata lelaki itu pada kekasihnya tanpa ada kesan bercanda, “sebenarnya aku tidak pernah mencintaimu,” sejenak ia terdiam, “sehebat saat ini” Kita harus bisa mengganggu pembaca dengan berbagai variasi yang seolah-olah aneh padahal pesan kita pada pembaca biasa-biasa saja.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan:
# Pandai Mendramatisir cerita.
# Banyak menguasai kosa kata.
# Memasukkan unsur-unsur baru yang lain dari yang lain.
# Jangan terikat oleh ketentuan bahwa panjang cerpen harus sekian halaman (ada cerpen yang Cuma 3 halaman dan ada yang sampai 25 halaman).
# Bimbingan Langsung Pada Penulis
Hal ini yang paling cepat membuat anda mahir menulis. Anda bisa menulis dulu satu naskah cerpen kemudian anda konsultasikan dengan penulis yang anda kenal, dan mintalah agar naskahmu di edit dan dikemas dengan lebih baik. Dengan begitu kamu bisa langsung mengetahui kelebihan serta kelemahan tulisannya. Saya sendiri sering membantu memperbaiki naskah cerpen para pemula dan akhirnya mereka berhasil menembus media massa dan memenangkan berbagai lomba cerpen.

Untuk kebutuhan pelajaran menulis, pembaca (khusus pemula) bisa mengirimkan naskahnya (cerpen singkat) ke email penulis dan penulis akan berusaha mengirimkannnya kembali sesuai permintaan pemilik cerpen. Demikian sedikit tips dalam menulis cerpen. Yang pasti jangan berhenti untuk belajar dan mencoba. Kalau di negeri ini ada ribuan penulis sukses yang benar-benar mulai dari nol, kenapa kita tidak segera menyusul mereka?

156 comments on “Cara Jitu Menulis Cerpen (2)

  1. nur chotimah mengatakan:

    Terimakasih atas sarannya . saya akan berusaha semaksimal mungkin

  2. manglufti mengatakan:

    semoga sukses. Jangan putus asa. Kalau ada materi kepenulisan yang bisa dibagi bisa di-email ke penulishebat@yahoo.com agar banyak pembaca yang terbantu dengan artikel itu. Jangan lupa untuk mencantumkan penulisnya, agar setiap kebaikan, pahala dan doa mengalir kepada si penulis tersebut. Salam sukses.

    • isabella bella ( angel heart ) mengatakan:

      hai….namaku isabella, aku ingin belajar utk menjadi penulis hebat sperti anda. akan tetapi, aku belum begitu mengerti tata cara bahasa yg baik n mengatur alur cerita kisah hidup aku penulisan nya seperti apa n bagaimna. aku mohon panduan nya, karena aku ingin membuat satu cerita yg bukan fiktif belaka, melainkan kisah nyata. terima kasih

  3. inka mengatakan:

    aku sangat suka dengan yang namanya cerita tapi yang banyak mengandung hikmah gitu .aku paling seneng sama novel islami karena disitu banyak mengandung dakwah tapi ini kalau yang bener2 sih.tolong dong gimana kalau misalnya bikin cerita yang banyak manfaatnya buat para remaja.salam kenaaaaaaaalll!

  4. nexa mengatakan:

    Aku suka nulis cerpen. udah banyak cerpen yang aku buat. tapi gak ada satupun yang selesai sampe akhir. aku suka cepet bosen. gimana ya caranya biar dapet ide yang menarik buat cerpen aku?

  5. manglufti mengatakan:

    ide itu seperti hewan. harus terus dipelihara dan dikembangbiakkan agar berkembang dan terus berkembang sehingga bisa benar2 ‘dinikmati’. singkatnya, bila kamu memiliki ide meski dalam satu kalimat saja, jangan dibiarkan bebas. ikat ide itu dengan menuliskannya di buku. kemudian kembangkan dengan ide2 berikutnya. bila tengah menulis cerpen atau fiksi lainnya, bersabarlah. tulis saja dan jangan baca dulu hingga tulisan itu selesai. baru kemudian diedit dan disempurnakan. moga bermanfaat. salam kenal

  6. Fatim4h az zahra mengatakan:

    thanks so much ya atas artieklnya..saya juga suka menulis cerpen dan cerbung ..yah sekedar imajinasi pengisi blog pribadi.salam kenal

  7. LITA mengatakan:

    thanks bgt ats artikelnya sgt membnt gw

  8. Thian mengatakan:

    Makasih bro artikelnya. gue nih rencananya mau bikin cerpen romantis. tp msh mikirin jalan cerita yang menarik gitu. tolong beritahu tips2nya ya. kirim ke emailku bro kalo bisa. Syahriar_Cool@yahoo.com

  9. Michael Vincent mengatakan:

    wuih
    saran yang oke banget nih
    makacih ya
    ^^

  10. retno mengatakan:

    makasih buat artikelnya,sangat cukup membantu.ini aku pengen belajar membuat cerpen.

  11. Ana mengatakan:

    Aku sekarang sedang membuat novel.Doakan ya biar novelku layak terbit n uangnya buat bapak,ibu n adikku hehe

    • Phintdy mengatakan:

      kamu tau cara mempublikasikannya??
      maklum…masih pemula yang butuh donor pengetahuan ttng menulis ^__^
      Arigatou…

  12. arif mengatakan:

    mas, kira-kira kemana ya saya bisa kirim cerpen saya, agar bisa diedit dan diberi sedikit tips ?
    pleaseeee……..
    dibantu donk……

  13. iezul mengatakan:

    Aslm
    Trims bgt akh,,,ana trinspirasi bget ma artikel antum,ana pgen blajar,blajar n blajar,mdah2n jg jd pnulis yg handal,amiiin…Thnx bgt,ad byk msukan ni,slam knal,,,wasslm

  14. Ratu Anggita mengatakan:

    tengkyu berat sarannya.
    beri saya dukungan dan doa dari jauh.

  15. diva mengatakan:

    kalau aku mau kirim sebuah artikel untuk anda evaluasi kirim kealamat emailnya apa? mhon informasinya

  16. lieztya mengatakan:

    aku mo buat cerpen, alur nya ku tau, tp pas aku rangkai, aku susah menatanya, n aku mau bantuannya donk gmn cara membuat dialog biar gak bosenin

  17. jemah mengatakan:

    maksih atas artikelnya mungkin itu bisa mengembalikan semangat menulis saya yang sempat hilang beberapa bulan terakhir ini

    tapi kenapa ya saya merasa menulis cerpen dengan cara diketik menggunakan komputer agak membosankan saya merasa kurang mendalami cerita yang saya buat ketimbang menulis lansung dengan pena

    alhasil banyak cerpen saya yang malas saya salin ke komputer..

  18. Sitti Kardina mengatakan:

    thax atas artikelnya..
    akan saya coba……. mudah2an bisa menghasilkan karya yang bagus..

  19. glen mengatakan:

    gma sh bt crpe yg baik…
    gmana biar dpt ide yg mnrik?
    q ska sh bt tpi g da yang ampek leze krna cpt bosen???????
    gmana cra biar g bsen??

  20. Nunung mengatakan:

    aq msh kurang ngerti

  21. feri_ajah mengatakan:

    aduh.. keren bgt artkel dan info-info’a..
    nanti coba deh..
    makasih y’.. “n_n”

  22. iBoed mengatakan:

    Aslm..
    Thx!!!!!
    Wslm..

  23. iBoed mengatakan:

    Aslm..

    Thx!!!!! Atas ilmunya..

    Wslm..

  24. iren mengatakan:

    trims atas saran nya. saya lgi mau mbuat cerpen tentang jilbab nih tapi bingung.

  25. Ricka Sage mengatakan:

    Nyari di Google tentang Penulisan Cerpen. Karena da tman yg pengen ikut lomba membuat Cerpen, yg mengadakan DEPAG. CERIS, ceritera remaja islami. Dngan tema lomba AKHLAK ISLAMI. Alhamdulillaah dapat inspirasi…

  26. astuty mengatakan:

    pengennya sich wat cerpen tapi q ngrasa ide2ku jelek, lantas bagaimana cara membuat ide2 yang bagus. atas jawabannya saya ucapkan trimakasih buaanyaaakkk!!

  27. JONATHAN INDRA mengatakan:

    Saya mau ikutan lomba menulis cerpen doain ya teman teman

  28. ammatullah mengatakan:

    makasih artikelnya, saya sedang menulis novel kisah hidup saya, saya pengen tuh konsultasi dengan penulis ternama. Tolong dunk, cantumkan email/cp yang bisa saya hubungi buat konsul.Thanks. Boleh tidak saya konsul ma mang Lufti????^-^

  29. belatung mengatakan:

    aku puas banget lo! gr-gr in ak bs juara

  30. Intha mengatakan:

    thanks,artikelnya membantu aq menyelesaikan pr.

  31. arienda mengatakan:

    wah. . . .saran yang bagus jadi bisa memotivasi saya untuk terus berlatih lagi. . . . .mksch!!!!

  32. aci mengatakan:

    makasih yach,,,,sekarang aku lebih tau bagaimana cara membuat cerpen.sekarang aku akan mencoba untuk mulai membuat cerpen karena pada dasarnya aku suka nulis sih.SEMANGATTTTT

  33. Dhepe mengatakan:

    Wah.. makasih bgtz slain memberikan tips membuat cerpen yang baik tapi juga memberikan semangat untuk terus berusaha membuat cerpen

  34. Fahrul mengatakan:

    Wah saya lagi seneng bikin cerpen nih . . Kebetulan sebentar lagi ada lomba . . Boleh minta tolong ngeeditin cerpen saya ga . .
    Saya kurang pd takut ada kesalahan. .

  35. ema mengatakan:

    makasi saran nya,q mencoba untuk mempelajari nya

  36. santi wahyuni mengatakan:

    Aq pengen deh jd penulis terkenal seperti Mely goeslaw karya2 nya bagus bnget!dan menyentuh hati aq bnget…dan berkat artikel ini aq mengerti membuat cerpen yg benar itu seperti apa…Thanks yupz sukses selalu!

  37. arif dona mengatakan:

    oh ya aku mau nanya cerpen yang bagus terdiri dari berapa halaman yaa
    dan yang paling dilihat dalam pembauatan cerpen apa ya>>

  38. Noor Jennah mengatakan:

    Hii..!!!
    Gini, kalo gak salah november ini ada lomba menulis cerpen. Gimana ya tips2 yang baik buat bikin cerpen yang agak formal soalnya cerpen2 yang aku buat selalu tentang cinta2an mulu… beri masukan donk!

  39. Anang F R mengatakan:

    Maksh byk..ats sarn2x..q mersa terbntu bnget..mulai sekarng aku ingn menulis,membaca,menulis,membaca,menulis,sampai mati..

  40. dhina mengatakan:

    Mksih saran n tips bikin cerpennya…sy suka bgt bkin cerpen..udah banyak bgt cerpen yg sy buat tp sy ga pernah berani kirim ke redaksi atau ke penerbit krn sy ga PD apa tulisan sy bagus dan layak untuk di terbitkan..tp setelah mendapat tips membuat cerpen yg benar..sy akan berusaha membuat cerpen2 yg lebih hebat lg…trmksh..

  41. joan mengatakan:

    WADUH TETAP AJA SAYA REPOT ALAIAS GA BISA PADAHAL PENGALAMAN DAN IDE BANYAKSEKALI DI BENAK SAYA

  42. maya mengatakan:

    good job bro. . .

  43. wewe mengatakan:

    thx ats srn ny.. q kn brsha lbih baeg….

  44. arisky kurnia septin mengatakan:

    aku dari dulu ingin sekali menyalurkan cerpen saya ke berbagai media , dan kini akhirnya saya sudah mengetahui cara jitu menulis cerpen

  45. sukma mengatakan:

    sangat bagus , saya salut atas cerpen anda semoga tambah lancar

  46. cahaya mengatakan:

    gimana kalau mengambil inspirasi darie sebuah lagu.. ?

  47. rummy mengatakan:

    aku bener-bener pengen bisa nulis cerpen…..
    dah banyk nulis tapi kayaknya koq g berbobot c
    MOHON BANTUANNYA……….

  48. iksa mengatakan:

    syukron atas ilmunya.

  49. vava mengatakan:

    makacih….buat saran nya semoga kita dapat menjadi remaja dengan masa depan yang lebih baik dengan membaca dam menulis…

  50. andin mengatakan:

    aku suka menulis, suka sastra, bahkan aku sangat bermimpi untuk jadi seorang sastrawati yang handal, namanya di kenal setiap orang yang suka membaca, tapi yang selalu jadi kendala adalah aku belum berani untuk mempublikasikan buah dari inspirasi ku. gimana sih caranya agar aku bisa merasa PD dan yakin bahwa tulisanku akan dinilai baik oleh orang-orang sekeliling.terimakasih

  51. Umi rahma mengatakan:

    Asslmlkm. Mang lutfi skrg sy lg bljr nulis cerpen. Sy mo konsul sm mang luthfi, blh sy minta emailnya! Kl ad artikel menulis,blh dong krm ke email sy! Trims y

  52. ghulam mengatakan:

    makasih atas artikelnya

  53. Eda mengatakan:

    Wah tipsnya bagus untuk Pemula…

  54. ade mulyani mengatakan:

    makasih bgt ni,tulisannya menggugah smngat yg tlh hilang dn berani(hrs berani)meningglkn rasa ragu untk mencoba.Aku Pasti Bisa!

  55. ade mengatakan:

    maksh artiklnya.rasanya menggugah kmbli smngt yg smpt hilang dn menghilgnkn rasa ragu yg hinggap selama ini.aku pasti bisa!!jzklloh

  56. azmi nur nst mengatakan:

    sya rasa,, bnyak orang2 sprti sya,, yg sring mngatkan ‘SAYA TIDAK BISA MENULIS’
    pdhal bnyak cra yg bsa kt lkukan ntuk mnuangkan stiap dtil prstiwa kta dlam sbuah medium tlisan, slh stunya adlah ‘jngan tkut ntuk mnulis’. trima ksh kpada pnulis artikel ne, yg tlah mmbrikan mtivsi kpada sya, bhwasanya mnulis itu tak sesulit yg kta byngkan. SALAM bwt pnulis2 muda INDONESIA. bwtlah sbuah tlisan HEBAT yg mampu mmbwt org lain trgugah krenanya. wsslam.

  57. Riztha mengatakan:

    Hy kk…
    Thx ya bwt inf0 nya..
    Aku pngen bgt jdi pnulis trkenal..
    Udh bberapa cerpen yg aku bwt dan aq tampilin d bl0g pribadi aku.

    Kak, kmana kita hrus ngirim krya kita spya diterbitkan?

    Thx b4..

  58. tyra mengatakan:

    stlah bc artkel nie, q jd smgat tuk lanjtin cerpen2 q. y scra cerpen yg q buat lum pnah mpe ending,! sbnr.a gmna c tuk nyelesein ending sbuah cerpen?

  59. zulmaidi mengatakan:

    arkelnya sangat membantu. mkasih banyak!
    ada tips dan trik praktis dan cepat memperoleh inspirasi ataupun ilham dalam menulis.

  60. Vhivhi mengatakan:

    Thank’s aTs tiPs ny!,,.

  61. Rizqi amaliyah mengatakan:

    waaaaaaah….keren banget……maksih ya,udah nambah semangat aku buat menjadi seorang penulis…..

  62. nartin mengatakan:

    Mkasih artklnya,nie sangt m’bntu untk brkreasi dan mnambah pengthuan sya dbdang nie…!!!!!!!!cyooooooo

  63. sardjono mengatakan:

    terima kasih atas sarannya, mudah2 an bisa mulai belajar on 9 Jun 2010

  64. muh saiful islam mengatakan:

    assalam…, thank’s, sukron, jazakumullahu khair katsir. akhi. semoga kita bisa menjadi penulis dan pengarang yg sukses bersama keberhasilan dari mencari kebahagian melalui, hati, pikiran, dan tindakan. afwan akhi. jika sekiranya ada artikel baru .tolong kirim ke email saya ya. thank’ brother.

  65. AF Hidayat mengatakan:

    Trims. saya akan segera nulis

  66. Shafiqah Adia Treest mengatakan:

    nice …
    emang lagi butuh buat referensi …

    ^_^
    salam …

  67. nazla mengatakan:

    mas,saya suka banget nulis cerpen, tp saya selalu ngerasa bermasalah di bagian dialog. saya paling ga bisa kalo nulis cerpen yg dialognya nggak panjang. intinya saya suka terlalu asik di bagian dialog. what should i do? butuh bantuan banget,please yaaa

    • manglufti mengatakan:

      selalu bawa catatan kecil atau pake HP. buat catatan cakar ayam- begitu saya menyebut cara untuk menangkap ide liar yang kadang datang dengan tiba2… moga bermanfaat

  68. Almas mengatakan:

    makacih buat sarannya …
    tp aq msih bngung , aq sbnrnya pny crita yg pngen aq buat cerpen tp kok wktu aq tlis kok malah gak karuan, gak enk dibaca .. gmn ya ???

  69. deska rahma hidayah mengatakan:

    mkasih bnget,cttan ini udh ngebuat htiku jdi gak ptus asa cos gak bsa buat cerpen,skarang q lgi buat cerpen,smoga bis’ baca artkel ni, cerpenq bsa msuk ke mjlah ETIS,dan jdi pemenang lomba ini.AMIEN…..
    THANK’S bwanget yea,

  70. tista mengatakan:

    mas, kalau saya malah jarang membubuhkan dialog pada cerpen saya, saya terlalu berkonsentrasi dengan alur ceritanya. bagaimana agar cerpen saya dapat menarik dengan dialog yg cukup singkat?
    kalau ada resensi tentang cerpen tolong dikirim ke email saya tista_chubby@yahoo.com.. makasih.. :)

  71. gita mengatakan:

    makasih atas tips nya yang sangat bergena buat saya…

  72. Rifkaa mengatakan:

    mas,, saya suka bgd nulis cerpen.. tapi stelah saya bca lagi cerpen saya, ko kayaknya datar bgd ekspresi bahasanya.. gmna ya mas, caranya byar ga datar??
    please bgd bantuannya..thx

  73. dewi mengatakan:

    kau punya banyak tulisan cerpen tapi aku masih ragu untuk mempublikasikan ke media…
    bantu aku donnk…!!!!!

  74. bong po mengatakan:

    bagus banget masukannya …thanx a lot. bisa di coba tuh..coz, kadang bingung juga mau baca novel atau cerpen apa.. mending bikin sendiri ya..

  75. nasruli mengatakan:

    terima kasih atas saran dan bimbinganya…

  76. fahmi zhafira s mengatakan:

    wahhh….aku suka sekali tips kakak ini..yang tadinya aku hampir putus asa tapi kakak bangkitkan semangatku kembali..oy,,tapi bagaimana jika di sekeliling saya tak ada yang mahir membuat cerpen kak,,saya harus konsultasi di mana??

  77. muthia mengatakan:

    waaaaaaah.makacih yach.

  78. Ciungtips.blogspot mengatakan:

    Hem, menjadi penulis bukan suatu kemustahilan, ciayoo…

  79. erlin mengatakan:

    pegen ciiii nulis tapi bingung mulai dari mana….tapi aku suka nulis puisi…apa itu bisa dijadiin resensi nulis kita gak sihhh?????????

  80. DIANI AS mengatakan:

    ohh begitu
    hmmm ternyata membuat sebuah cerpen tidak semudah yang saya pikirkan…. ^^

  81. nisa mengatakan:

    saya ingin sekali berbagi cerita tentang inspirasi yang melntas dipikaran saya. saya pernah berkali-kali mencoba untuk mnulisnya kedalam sebuah cerita pendek. namun, selalu ja tersendat, atau kehabisan kata-kata. jadi bingung mau ngelanjutinnya lagi dah… klo mau sharing tulisan ke mana ya kak?
    thx ya…
    blognya mancap banget…

  82. santoni mengatakan:

    mas, sy seorang pemula yg ingin sekali jd cerpenis. klo mau mengirimkan naskah, trus nanti minta di edit atw dikembangkan spy jd sebuah cerpen yg utuh, alamatnya kemana?
    o ya, terima kasih sebelumnya..

  83. vivi uli mengatakan:

    thanks atas masukannya. oh ya apakah saya boleh konsultasikan cerpen saya kepada anda? tolong di balas secepatnya ya.

  84. vivi uli mengatakan:

    kalau anda mau membaca novel saya, saya harus kirim ke alamat mana?

  85. chica mengatakan:

    aslmkum manglutfi, saya baru coba-coba nulis. bs gak sy mnta tlg koreksikan hasil tulisan saya, brupa cerpen. kalu manglutfi bersedia, akan sya krimkan tulisan saya..
    mhon knfrmasinya, makasi :)

  86. bebby vhania mengatakan:

    terimakasih banyak artikel nya , sangat membantu .
    smoga program saya dalam membuat cerpen teenlit bisa lancar ,,

  87. Tisa Susanti mengatakan:

    Mas,saya suka banget nulis cerpen tapi saya sering bingung bagaimana membuat paragraf pembuka cerpen agar menarik perhatian pembaca? Mohon bantuannya.

  88. Tisa Susanti mengatakan:

    Mas boleh minta alamat emailnya tidak saya butuh bantuan untuk menulis cerpen

  89. Tisa Susanti mengatakan:

    Mas boleh minta alamat emailnya tidak saya butuh bantuan untuk menulis cerpen.

  90. [...] http://longjournal.wordpress.com/2008/05/11/cara-jitu-menulis-cerpen-2/ This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. ← Previous Post Next Post → LikeBe the first to like this post. [...]

  91. [...] http://longjournal.wordpress.com/2008/05/11/cara-jitu-menulis-cerpen-2/ Possibly related posts: (automatically generated)Cuma nulis artikel singkat doang bisa jadi uangPanduan Menulis dan Menjual Artikel Di Internet 1 This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. ← Previous Post Next Post → LikeBe the first to like this post. [...]

  92. juhety mengatakan:

    bagus banget artikel ny,apalg bwt aku yg baru belajar nulis cerpen,,
    trim’s,,

  93. Nabila mengatakan:

    Mas, saya punya cerpen bisa tolong dievaluasi? :)
    Kalo perlu dikritik, karena menurut saya kritikan itu jauh lebih bermanfaat dari pada pujian.
    Terima kasih. Kirimnya ke penulishebat@yahoo.com ya?

  94. rahman purba mengatakan:

    ide seperti iman apa bila tidak di perbarui maka akan terun naik, namun jika selalu di perbarui wah subhanallah.
    Jadi kesimpulannya, ide harus di asa setiap hari, dan di perbaru dalam istilah lain

    makasih ats tipsnnya y,.
    tp kalau saya maw mnt revisikan tulisn sya gmn cranya?

  95. rahman purba mengatakan:

    assalamu’alikum.
    ide seperti iman apa bila tidak di perbarui maka akan terun naik, namun jika selalu di perbarui wah subhanallah.
    Jadi kesimpulannya, ide harus di asa setiap hari, dan di perbaru dalam istilah lain

    makasih ats tipsnnya y,.
    tp kalau saya maw mnt revisikan tulisn sya gmn cranya?

  96. DIEDA mengatakan:

    THANKS YA…SAUDARAKU inspirasi anda menyelinap dalam pikiran sy,smga mang Luth diberkahi Allah dan saya bisa jadi penulis besar….karena sy punya keinginan jadi penulis profesional….mulai sekarang insya allah saya akan mengaplikasikan smua artikel ini…..

  97. ilah hamimah mengatakan:

    andai…kutulis kisah hidupku selama ini..dari mulai kecil mpe punya anak kecil…. seperti sekarang…bisa gk ya????

  98. cerita pendek mengatakan:

    menulis cerpen kalo belum pernah nulis memang agak susah tapi kalau dah biasa cuap2 gampang juga ya termasuk menguasai kosa kata, tulisa yang bermanfaat

  99. ais mengatakan:

    mas sya tuh hobby bnget buat crita” gtu. tpi di setiap crta sya pasti ada kta” yang gnjal d bgian endingnya msti sya kbingungan.sya minta bntuanya?

  100. agung satyarsa mengatakan:

    makasi atas petunjung ya kak. semoga bermamfaat bagi saya :D

  101. resti mengatakan:

    maaf mas, saya selalu bermasalah dngan cerpen saya, saya selalu merasa cerpen saya ngga bagus,,

  102. iban robani mengatakan:

    terima kasih atas sarannya. saya akan mencobanya.

  103. Gusda mengatakan:

    saya sejak kecil hobi banget menulis namun sayang banget tulisan aku bhanya di nikmati teman-teman aku yang beda daerahlewat email. sebenernya aku kepingin banget kirim-kirim namun ada perasaan malu.
    beberapa cerpen aku yang sering digunakan temen buat lomba di sekolah-sekolah di profinsi lain kadang menang dan dari itu aku sering di mintaikut lomba namun akukagakbisa karena masih kurang percaya diri. dan aku mulai kepingin menunjukan beberapahari ini dan jika bole tahu dimana yabisa saya kirimkan naskah2 cerpen atau novel2 yang aku buat ya ?

  104. Ria mengatakan:

    Ohh..ya, itu betul. aq suka buat cerpen, tapi suka susah kasih judul, pas td brusan baca sarannya, boleh juga. bagus! thanks ya!

  105. puspa mengatakan:

    buat mang lufti. saya sukak menulis. Dan ada karya saya yg sudah selesai. Tapi masalahnya saya gak punya sahabat atau teman untuk di mintai komentar. Saya bingung mau konsul sama siapa ? Apa saya bisa minta bantuan manglufti ?

  106. Anis mengatakan:

    wah, terimakasih, sarannya. saya suka menulis cerpen, saya punya segudang cerita, tapi setiap saya tulis, bahasanya tidak karuan. ada yang nyambung ada yang enggak. ini membingungkan, ini membuat saya takut untuk mengirimkannya ke media masa.

  107. ida mengatakan:

    oke banget tu sarannya…..
    saya suka banget nulis tapi kok cepet bosen ya? dan saya sering ngerasa cerpen saya gak bagus. kadang-kadang belum selesai cerpen yang satu,udah bikin cerpen yang lain lagi.

  108. ida mengatakan:

    oke banget sarannya. tp saya kok cepat bosan dengan cerita yang saya buat, terkadang cerita yang awal belum selesai, saya udh bikin cerita yang baru lg.

  109. oLIn mengatakan:

    Sebelumnya aku bnyak bgt nulis cerpen,tapi aku pikir kurang mantap dan selalu ngerasa ada yg kurang .
    ternyata aku ga tau klo cerpen juga btuh kerangka,pikiranku jadi terbuka .
    thnks bgt ya motifasinya membuka pikiran aku bgt .. :D

  110. harlina mengatakan:

    waktu sma aku sering nulis dan jadi pengisi mading di sekolah, tapi sayangnya nuansa cerpenku walau digemari sesama teman selalu penuh misteri karena yang aku tuang selalu menjadi kenyataan, aku takut ini jadi momok yang menakutkan sekarang setelah sekian lama terpendam bakat ini rasanya ingin bangkit, bilakah aku terbangun dari mimpiku.? tp ketakutan masih bergelayut di benakku… beri aku masukan trims

  111. Fitria mengatakan:

    Gw suka bgt gn sran dan tips’y oke dhe, gw jdi tmbah trinspirasi.

    Thx

    ^ _ ^

  112. Berry mengatakan:

    terimakasih atas sarannya. sangat membantu :)

  113. maretha's blog mengatakan:

    Bolehkah saya meminta email penulis blog inii? saya ingin konsultasi. Terimakasih jika anda berkenan membantu :)

  114. izaz mengatakan:

    THX wat artike y zhaaaaaa

  115. virginbie mengatakan:

    kalau saya mau ngajuin cerpen untuk di bantu edit supaya menjadi menarik cerpen yang telah saya tulis bagaimana caranya ?
    untuk mencari alamat email penulis dimana ?

  116. Adam Buex mengatakan:

    oh begitu, tapi tiap kali saya nyoba ngebuat cerpen tu tiba tiba jalan cerita + insprasi yg tadinya ada tuh jadi ilang, jadi ngeblang gman gtu… tolong saranya manglufti….

  117. Adam Buex mengatakan:

    rimakasih saran nya.,, tapi misal saya lgi nyoba nulis cerpen tiba tiba d tengah jalan inspirasi yang tadi ada tuh jadi ilang gitu… tolong sarannya mang…

  118. 69degreesplus mengatakan:

    Thanks yach atas bimbingan dan sarannya. :)

  119. munahnugroho mengatakan:

    makasih atas tipsnya, memang kalau kita baru bisa atau baru mau menulis cerpen suka susah untuk merangkai kata-katanya… tapi kita harus tetap optimis dengan tulisan yang telah kita buat… jangan terus berfikiran kalau tulisan atau kata-kata yang kita buat jelek karena itu adalah sebuah belenggu bagi kita yang senang menulis.. jangan jadikan itu semua sebagai sebuah belenggu.. :)

  120. Mbas mengatakan:

    mau nulis aja koq repot..tinggal ambil pena dan kertas,tuangkan semua pikiran (yang positif)..jangan mengharapkan penilaian orang lain karena penilaian akan membuat kita kecewa kalau hasilnya jelek dan akan mem,buat kita bangga (sombong/ria) kalau hasilnya bagus…Tapi harapkanlah kritik dan saran orang lain karena semua akan membuat kita berfikir untuk menjadi lebih baik… :D

  121. Dewi Mustikawatti mengatakan:

    tiba tiba terobsesi untuk menulis nih, butuh motivatorrr hehe

  122. Putri bunga mawar putih mengatakan:

    Makasih bgt artikelx mmbantu sekali dlm hal tulis menulis.

  123. vale mengatakan:

    Thx ya.Pas banget lagi ada lomba bulan bahasa di sekolahku

  124. Musium Bahari mengatakan:

    wah…thanks banget ka….jujur saya sangat berminat sekali ingin jadi penulis, berapa kali saya mencoba untuk menulis, tapi terputus ditengah cerita, kehabisan kata – katalah, takut gak diterima medialah, takut banyak pesainglah, macem – macem gan,…..jadi putus asa waktu itu…,soalnya gak ada yang membimbing gan …..,

  125. Fenni Marriza mengatakan:

    thanks mas artiklelnya sangat membantu. Saya bisa minta tolong chek cerpen yang saya buat? kalau bisa, dikirim kemana ya mas? :)

  126. Vira Annisa Kurniasavira mengatakan:

    saya lagi ada lomba menulis cerpen bertema kejujuran, nah bingung mulainya dari mana… bisa bantu saya??? pliiss

  127. fatmaagranger mengatakan:

    terimakasih artikelnya :)

  128. meia mengatakan:

    kakak saya baru mulai menyukai cerpen… mohon doanya ya biar bisa buat cerpen yang bagus n menarik

  129. geisha mengatakan:

    gtrywqhwejwejhwqhjdshwh

  130. amina mengatakan:

    WAH!!! keren.
    ini pertama kali aku tahu kalau ada kembangan yang seperti itu.
    cara jitu apa untuk menarik perhatian penulis untuk mengedit cerpen atau artikel?
    ini mengingatkanku pada pesan guru bahasa di smpku ” siapa yang berusaha pasti akan ada jalannya”

  131. Shirly mengatakan:

    Trma kasih artikelx…. dari dulu saya ingin menulis cerpen yang bagus agar orang-orangf juga dapat merasakan pengalamanku,,, tapi selalu terlintas rasa takut kalau nanti ceritaku tidak ada yang suka.. Boleh minta saran untuk pemula sebaiknya apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat menghasilkan cerpen yang bagus? & bisa minta alamat e-mail kalau misx aku punya cerpen & ingin dikoreksi. Tq =^.^=

  132. Shirly mengatakan:

    Makasih Artikelnya,,, saya dari dulu ingin menulis cerpen yang bagus dan dapat menarik perhatian pembaca. tapi selalu terlintas rasa takut bila tidak puas dengan hasil tulisanku. Boleh saya tahu bagaimana caeranya menulis sebuah cerpen untuk pemula? & apa almat e-mailnya jika aku punya cerpen & pengen dikoreksi?
    Arigatoo Gozaimasu =^.^=

  133. khairunisaputri mengatakan:

    trimakasih…mendorong saya agar berani memulai membuat cerpen:)

  134. Ariesta mengatakan:

    Wah sarannya menginspirasi aku buat bikin cerpen
    aku kan masih pemula bikin cerpen jadi masih agak susah kayaknya bikin cerpen

  135. abdul adzim mengatakan:

    Terima kasih atas artikel dan bantuan motivasinya. Saya ingin sekali di blog saya penuh dengan karya-karya tulis yang di utamakan ke CERPEN dan PUISI…… Thankz…

  136. Baiq ely purnawati mengatakan:

    Asslmkm wr..wb.
    Sy sbnrx tdk prnh berangn2 untuk mnjd se0rg pnulis.vy..mndgr tutur kta dr anda.keingnn mjd se0rg pnulis tba2 tertnm d benak sy.
    M0hon bantuanx y…
    Wassalm..

  137. gregoriusdeka mengatakan:

    waduh sangat memberi inspirasi, tapi setiap aku membut cerpen aku selalu ngadat di tengah setelah semua konflik selesai, dan aku biasanya tidak bisa membuat endingnya ada saran g?

  138. ali ramdan mengatakan:

    saya sudah menulis cerpen, dan saya ingin mengecek cerpen saya apakah sudah baik, baik dari segi tulisan, penempatan titik, koma dll.. boleh tidak ka cerpen aku tolong di cek dan kemana aku harus mengirimkannya, boleh ga minta alamat email FB atau apa yang bisa saya kirimkan ke kamu..

  139. Safry mengatakan:

    makasih atas masukan ini. sudah lama aku ingin menyelesaiakan cerita ku itu.

  140. Rimma mengatakan:

    asslmm,,, thnks bgt atas infonya,,,

    saya aanak klas 1 sma, lgi cba2 bikin cerpen bwat majalah sekolah gitudehhh..
    makasihh bnyak ya..

  141. jerawat mengatakan:

    thanks ats ilmunya bermanpfaat sekali

  142. almaa octaviiaa mengatakan:

    bermnfatt lakh…
    bwatt pemulla mungkiiiin

  143. scerbetty mengatakan:

    wow bagus nieh tugas cerpen untuk di sekolah hehehhheh:)

  144. aida mengatakan:

    thanks……….. smoga sy jg bs jd pnulis hebat sprti anda,,,,,,,,,,,,,,,,

  145. anggit mujiono mengatakan:

    tipsnya cukup bagus. saya punya banyak cerpen yang coba kukirim ke media tetapi selalu gagal sebenarnya saya ingin berbagi. di.manakah letak kekurangan cerpen cerpan saya

  146. anggit mujiono mengatakan:

    tipsnya cukup bagus. saya punya banyak cerpen yang coba kukirim ke media tetapi selalu gagal sebenarnya saya ingin berbagi. di.manakah letak kekurangan cerpen cerpan saya. tolong beri tahu saya alamat email saudara biar saya bisa mengirim beberapa cerpen saya untuk bahan diskusi.

  147. Jenny mengatakan:

    Thanks bgt buat artikel buat aku yg msih belajar bkin” cerpen ! :D

  148. Jennifer mengatakan:

    terkadang juga aku bertanya ke pada Ibuku, tetapi, kata ibuku, banyak yang harus di edit ( saat lagi sedang semangat membuat cerita). Lalu ia menyarankan untuk membuat cerita itu dari awal lagi. Kan Capek.. Di tambah lagi, aku tidak terlalu suka menghafal. Terutama kosa kata.Biasanya kalau aku menghafal, aku akan berguling2 Dan melakukan Hal extrim lainya. Sampai akhirnya Ibuku khawatir.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s