Menulis Resensi (1)

Oleh : Hafijah.

Samad (1997:6—7) mengemukakan pendapatnya mengenai langkah-langkah menulis resensi, yaitu sebagai berikut: (1) penjajakan atau pengenalan terhadap buku yang diresensi, (2) membaca buku yang akan diresensi secara komprehensif, cermat, dan teliti, (3) menandai bagian-bagian buku yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data, (4) membuat sinopsis atau intisari buku, (5) menentukan sikap dan menilai isi buku, dan (5) mengoreksi dan merivisi hasil resensi.

Pada langkah pertama, penjajakan terhadap buku yang akan diresensi bisa dimulai menentukan dari tema buku yang diresensi beserta deskripsi isi buku, mengidentifikasi siapa penerbit buku tersebut, kapan dan di mana diterbitkan, tebal, format, serta harga buku. Lalu mengidentifikasi pengarangnya: nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan prestasi, buku atau karya apa saja yang ditulis hingga mengapa ia sampai menulis buku itu. Terakhir, penjajakan bisa dilakukan dengan menggolongkan buku tersebut ke dalam kelompok buku yang mana: ekonomi, tekniik, politik, filsafat, psikologi, bahasa, atau sastra.

Masih menurut Samad (1997:7), ada beberapa hal yang bisa dinilai atau disikapi oleh peresensi dalam meresensi sebuah buku. Pertama, organisasi atau kerangka penulisan: bagaimana hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain, bagaimana sistematikanya, dan bagaimana dinamikanya.

Kedua, Isi pernyataan: bagaimana bobot idenya, bagaimana analisisnya, bagaimana penyajian datanya, dan bagaimana kreativitas pemikirannya.

Ketiga, bahasa: bagaimana ejaan yang disempurnakan diterapkan, bagaimana kalimat dan penggunaan katanya, terutama untuk buku ilmiah. Keempat, aspek teknis: bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah, bagaimana kerapian atau kebersihan, dan pencetakannya (banyak salah cetak atau tidak).

Tidak jauh berbeda dengan Samad, Saryono mengemukakan empat langkah dalam menulis resensi. Pertama, mencari dan atau membeli buku baru yang pantas untuk diresensi. Selanjutnya membaca sekaligus mengamati seluruh buku secara cermat. Kedua, pada waktu membaca, bagian-bagian yang kurang cermat, kurang menarik, dan merupakan inti dari buku dicatat dan ditandai. Selain itu, melakukan pengamatan terhadap seluk beluk buku baik organisasi dan bahasa maupun isinya.

Selanjutnya membangun persepsi dan kesan atas buku yang akan diresensi. Ketiga, selesai membaca, tetapkan pola (model) resensinya, sudut tinjauan resensinya (angle), cara memulai dan menutup resensi buku, gaya penulisan, dan lain-lain. Selanjutnya, mulai menulis resensi buku tersebut. Keempat, memeriksa hasil tulisan resensi dari segi organisasinya, bahasanya, dan isinya.

One comment on “Menulis Resensi (1)

  1. YOANA mengatakan:

    bisa tolong kasih resensi dari buku puisi milik abdul wachid BS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s