Buku Baru Hamdalah: Fikih Jalan Tengah

fikih-jalan-tengahx

Penulis                      : Pradana Boy ZTF
Penyunting                : D. Indriani
Penyelaras Aksara     : Bocico La Bonono (LA)
Ukuran                      : 13,5 x 21 cm.
Tebal                         : 288 halaman.
Warna                        : BW (isi), cover (FC).
Kertas                        : HVS 70g (isi), AC 240g (cover).
Penjilidan                   : Perfect Binding(PB).

Perkembangan zaman yang pesat diiringi sejumlah perubahan dalam bidang kehidupan meniscayakan agama mampu memberikan jawaban yang lugas. Perkembangan zaman itu juga memberikan tantangan bagi hukum Islam terlebih mengenai hal yang berbau kontemporer, seperti demokrasi, gender, HAM dan sistem ketatanegaraan. Sebagian kelompok Islam meyakini bahwa Islam sama sekali tidak memiliki hubungan dengan beberapa persoalan di atas sementara kelompok lainnya terlibat secara intensif dan berupaya membawanya ke dalam Islam. Dalam buku ini, dipaparkan pandangan berdasarkan hukum Islam (fiqh) mengenai persoalan kontemporer yang dihadapi umat Islam. Dengan dua perspektif yang berbeda antara pro dan kontra, buku ini menyelaraskan kedua pandangan itu agar tetap selaras dengan perkembangan zaman.

TENTANG PENULIS
Pradana Boy ZTF adalah seorang aktivis muda Islam yang cukup produktif menelurkan gagasannya di berbagai media massa di Indonesia. Beberapa pemikirannya sempat memicu kontroversi di sejumlah kalangan. Pernah terlibat polemik dengan seorang aktvis Hidayatullah tentang fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang aliran sesat di Indonesia. Lahir di Lamongan, 16 Juli 1977, dan mengenyam pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahirannya. Seluruh pendidikan di kota kelahirannya itu diselesaikan di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Tahun 1995 hijrah ke Malang untuk menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang, di Jurusan Hukum Islam. Gelar sarjananya diperoleh pada tahun 2000. Tujuh tahun kemudian, dengan beasiswa Pemerintah Australia, gelar Master of Arts (Asian Studies) di bidang gerakan dan pemikiran Islam kontemporer di Asia Tenggara diperolehnya dari Universitas Nasional Australia atau Australian National University (ANU), Canberra, di bawah bimbingan Indonesianis terkemuka Australia, Greg Fealy, dengan menulis tesis tentang pertarungan pemikiran di Muhammadiyah antara kelompok yang berorientasi liberal (progresif) dengan konservatif.

Di samping menekuni pekerjaannya sebagai tenaga pengajar di Jurusan Syariah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, ia juga aktif di sejumlah organisasi. Saat ini masih tercatat sebagai anggota presidium Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM), sebuah liberal think tank dalam Muhammadiyah yang dibentuk pada tahun 2003. Di samping itu, aktif juga di Pemuda Muhammadiyah Kota Malang sebagai ketua Lembaga Pengkajian Agama dan Masyarakat (LPAM). Bersama teman-temannya, dia membentuk Center for Religious and Social Studies (RëSIST) Malang, sebuah lembaga studi nirlaba dan independen yang menaruh kepedulian pada kajian pemikiran sosial dan keagamaan. Semasa mahasiswa dan pelajar aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Ikatan Remaja Muhammadiyah.

Sejumlah karyanya yang telah diterbitkan adalah: Era Baru Gerakan Muhammadiyah, (UMM Press, Malang dan al-Maun Institute, Jakarta, 2008); Muhammadiyah Progresif: Manifesto Pemikiran Kaum Muda (Yogyakarta, LESFI-JIMM, 2007); Islam Dialektis: Membendung Dogmatisme, Menuju Liberalisme (UMM Press, Malang, 2005); Kembali ke Al-Quran, Menafsir Makna Zaman (UMM Press, Malang, 2004); Filsafat Islam: Sejarah, Aliran dan Tokoh, (UMM Press, Malang, 2003); Agama Empiris: Agama dalam Pergumulan Realitas Sosial (editor), (Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002); dan Dari Kultur Kekerasan ke Kultur Madani: Praktik Kekerasan di Indonesia (editor dan kontributor), (Bigraf, Yogyakarta, 2002).[]

This entry was posted in Tak Berkategori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s