Dahsyatnya Tiga Huruf

Oleh Lufti Avianto

*) Ditulis untuk Dompet Dhuafa  Republika

Sadarkah kita, sebagai seseorang yang beriman, kita semua memiliki senjata yang ampuh, namun sering dilupakan? Kekuatan dahsyat yang tidak dimiliki kaum lain, selain kaumnya Nabi Muhammad Saw. Itulah doa. Tiga huruf yang dahsyat; d-o-a.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

Berdoalah maka Allah Swt. akan mengabulkan. Berdoalah sebagai wujud ketergantungan hamba kepada Penciptanya. Berdoalah kepada Yang Mahakuat sebab kita adalah makhluk yang lemah. Berdoalah sebagai bukti kerendahan diri. Dan berdoalah, sebab itulah senjata kaum beriman.

Namun, apa jadinya bila kita sudah berdoa, tapi belum juga dikabulkan Dia? Seharusnya bukan pertanyaan ini yang muncul. Sebaliknya, seberapa yakin anda terhadap doa yang anda panjatkan sendiri? Inilah motivasi doa. Banyak orang berdoa, tapi tidak yakin bahwa doanya akan dikabulkan. Padahal, Allah Swt. sudah menjanjikan kepastian dikabulkannya doa dalam firman-Nya. Sungguh, janji-Nya itu lebih pasti dari terbitnya mentari pagi di ufuk timur:

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina.” (Al-Mu’min: 60)

Selain motivasi bahwa doanya akan dikabulkan, seseorang yang berdoa juga harus memperhatikan adab dan waktu berdoa. “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (al-A’raaf: 55).

Ada beberapa waktu yang mustajabah untuk berdoa. Di antaranya:

  1. Saat berpuasa. Rasulullah Saw. bersabda, “tiga orang yang tidak akan tertolak doanya; pemimpin yang adil, seorang yang sedang berpuasa hingga ia berbuka dan doa orang yang teraniaya.” (HR. Tirmidzi).
  2. Saat berbuka. Rasulullah Saw. bersabda, “sesungguhnya orang yang berpuasa, pada saat berbuka, memiliki doa yang tidak akan tertolak.” (HR. Ibnu Majah).
  3. Antara adzan dan iqomah. Rasulullah bersabda, “doa antara adzan dan iqomah tidak akan tertolak, maka berdoalah.” (HR. Ibnu Hujaimah dan Ibnu Hibban).
  4. Dalam keadaan sujud. Nabi saw. bersabda, posisi terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud, maka perbanyaklah berdoa karena doa kalian pada waktu itu sangat patut untuk dikabulkan.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).
  5. Setelah shalat fardhu. Rasulullah pernah ditanya, “Doa manakah yang paling didengar Allah?” Beliau menjawab, “doa di tengah malam yang terakhir dan seusai shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).
  6. Sepertiga malam terakhir. Rasulullah bersabda, Tuhan kita Yang Mahasuci lagi Mahatinggi setiap malam turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir seraya berfirman, Siapakah yang berdoa kepada-Ku, lalu Aku akan mengabulkannya? Siapakah yang memohon kepada-Ku, lalu Aku akan memberikannya? Dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, lalu Aku mengampuninya?” (HR. Bukhari dan Muslim).
  7. Hari Jumat. Rasulullah bersabda, “sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu, di mana tidak ada seorang Muslim yang bertepatan berdoa memohon kebaikan Allah pada waktu itu melainkan Allah akan mengabulkannya. Waktu itu adalah setelah Ashar.” (HR. Ahmad).
  8. Malam al-Qadr. Ada doa yang dianjurkan untuk diulang-ulang pada mala mini. “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan mencintai ampunan maka ampunilah aku.” (HR. Ahmad).

Waktu-waktu itu, kini terbentang dalam hari-hari Ramadhan. Berdoalah dan yakinlah, niscaya Dia akan mengabulkan doa kita. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s