Mengecap Sajian di Tepian Danau

Penulis: Lufti Avianto & Yudi Fachrurozy

*) Advertorial ini dimuat di Majalah La Cuisine

Alunan seruling bambu khas Sunda menyambut kami begitu sampai di tempat ini. Dua gadis cantik dengan berkebaya putih dipadu kain merah menyapa. Sepintas, tampak kami seperti menjejak di sebuah pedesaan nun jauh di ipelosok Jawa Barat yang tenang dan damai.

Pemandangan danau yang dikelilingi saung-saung terhampar ketika melongok ke dalam. Sementara aroma masakan ala kampung-kampung di Jawa Barat begitu menusuk setiap orang yang datang dan ingin menikmatinya. Maka, tak salah jika restoran ini diberi nama Talaga Sampireun yang berarti ‘tempat singgah di tepi danau’. Apakah anda salah satu yang ingin menghampirinya?

Tak perlu jauh hingga keluar kota Jakarta untuk menikmati suasana dan, tentu saja sajian khas Jawa Barat. Anda tentu tempat ini persis ada di Bintaro, Tangerang Selatan, dekat akses tol Bintaro menuju Jakarta.

“Tempat yang nyaman dengan keunikan nuansa arsitekturnya, dimana anda dapat mendengar desiran angin dan gemericik air yang membisikkan kesejukan ke dalam telinga batin,” kutipan kata-kata ini terdapat di halaman pertama buku daftar menu dari restoran ini. Dan memang tak salah, meski berada di wilayah Jakarta, namun begitu menempati saung-saung yang tesedia membuat setiap pengunjung enggan bergegas pulang.

Layaknya sebuah rumah makan Sunda, hidangan yang disajikan pun adalah makanan khas Negeri Parahyangan, yang memang terkenal lezat. Dan yang membuat ini istimewa dibandingkan rumah makan Sunda lainnya adalah penggunaan bahan baku alami yang paling segar. Ini bisa dirasakan, dari lidah saat mengecap makanan yang tersaji.

Dan yang biasa dipesan oleh pengunjung dari restoran ini yaitu ikan guramenya. Ya, ikan gurame terbang menjadi andalan restoan ini. Dalam sebulan, setidaknya restoran ini menghabiskan sembilan ribu ikan gurame per bulan. Menu gurame terbang begitu menggoda,  lantaran restoran ini mampu menjaga cita rasa. Bila dilongok ke dapur, rahasia penyajian ikan gurame tidak berubah-ubah dari segi rasa cara memasaknya tidak memakai kompor dan penggorengan seperti pada umumnya. Setidaknya terdapat delapan deep fryer untuk menggoreng ikan gurame agar rasa dan kegaringannya tidak berubah-ubah.

Tak hanya gurame yang istimewa. Restoran ini juga menyajikan menu lain yang tak kalah lezatnya. Anda yang menggemari makanan laut, tentu saja ada sajian udang, kepiting atau cumi. Dengan menu chef recommendation, seperti  Udang Windu Bakar Madu, Udang Goreng Cabe, Gurame Bumbu Mangga, Kepiting Soka Terasi dan Cumi Goreng Mangga. Sementara menu kuah, para chef resotan ini merekomendasikan Sop IgaTalaga Sampireun.

Untuk minuman, beragam sajian mulai dari panas atau minuman dingin juga tersedia. Kopi, the, jus buah segar, atau minuman ingan. Beberapa minuman andalan yang patut anda coba, yaitu Es Sirsak Talaga Sampireun,  Jus Sirsak,  Es Lobi Lobi, Jus Terong Belanda dan Jus Kedondong. Soal rasa dan kesegarannya, jangan ragukan sajian yang menjadi rekomendasi chef terbaik di sini.

Kalau anda sudah memesan makanan dan minuman itu, tunggulah barang sejenak. Uniknya, restoran ini akan memberikan anda voucher 100 ribu, bila pesanan minuman anda disajikan lebih dari 20 menit, atau makanan lebih dari 30 menit dari waktu yang tertera pada saat pemesanan. Ini menunjukkan, layanan restoran ini tak akan mebuat anda menunggu lama untukmenikmati kelezatan dan kesegaran sajian khas istimewa.

Saat-saat menunggu anda, bisa jadi takkan lama. Sebab, ada beragam fasilitas yang bisa anda coba. Tentu saja, fasilitas ini takkan anda temui di restoran lain di Jakarta dan sekitarnya. Pihak restoran mengizinkan pengunjung untuk memberikan makanan untuk ikan-ikan yang berada di danau. Dari pinggiran saung tempat kita menyantap makanan, anda bisa mengajak anak-anak untuk menebar umpan ikan yang dapat dibeli di restoran ini dan biasanya sudah terdapat di sudut-sudut saung pengunjung.

Tidak hanya itu, anda juga bisa merasakan pengalaman naik rakit bambu untuk sekadar mengelilingi sekitar danau. Tentu saja anda tidak perlu khawatir, karena akan ditemani karyawan restoran, dan kedalaman danau hanya sekitar satu meter.

Apa yang dilakukan Talaga Sampireun sebenarnya bukan hanya untuk memanjakan lidah pengunjung. Tapi, lebih dari itu. Restoran ini memberikan nuansa lokal dan makanan khas Indonesia yang juga dapat dibanggakan masyarakat Indonesia.

see more http://talagasampireun.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s