Tentang Saya

Lufti Avianto.

Sejak SMP, saya memang senang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terutama bila menulis karangan dan puisi. Di bangku kuliah, saya mantap memilih jurusan Ilmu Jurnalistik di IISIP Jakarta (dulu bernama Sekolah Tinggi Publisistik/STP). Di semester akhir, saya bekerja paruh waktu di Majalah SAKSI sebagai reporter lalu berpindah menjadi wartawan kemanusiaan di sebuah Non Government Organization yang terdaftar di UNESCO. Meski pengalaman itu harus dibayar dengan kuliah yang ngaret satu semester dari umumnya lulusan sarjana. Tapi toh, saya mendapat pengalaman jurnalistik yang berharga.

Usai lulus, saya menjajal bekerja sebagai editor akuisisi di sebuah penerbit di Jakarta, Grafindo Media Pratama. Dirasa kurang tersalurkan keterampilan menulis, saya bergabung sebagai reporter di Majalah berita mingguan, GATRA, lalu mampir ke majalah SABILI, Jurnal Energi dan terakhir sebagai redaktur news & feature di Trinaya Media (grup majalah wanita yang menerbitkan majalah frenchise semacam ELLE, Marie Claire dan Kartika).

Untuk mengasah bakat dan keterampilan, saya juga mengikuti sejumlah kursus kepenulisan dan penyuntingan. Ada beberapa di antaranya yang sangat berkesan dan berpengaruh terhadap paradigma dan gaya tulisan saya, yaitu Kursus Jurnalisme Sastrawi (Yayasan Pantau) dan Pelatihan Editologi (Bambang Trim Comm).

Kini, saya bekerja secara independen sebagai penulis, penyunting dan wartawan lepas di sejumlah media: majalah dan online, disamping juga mengerjakan proyek komunikasi bagi perusahaan atau lembaga. Selain mempersiapkan kuliah master saya di bidang manajemen komunikasi, saya juga masih menulis buku anak dan fiksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s